Tom Cium Aspal, Kawasaki Puncaki Hari Terakhir Tes Pramusim WSBK 2017

Selasa, 21 Februari 2017 - 16:00 WIB
Tom Cium Aspal, Kawasaki Puncaki Hari Terakhir Tes Pramusim WSBK 2017
Tom Cium Aspal, Kawasaki Puncaki Hari Terakhir Tes Pramusim WSBK 2017
A A A
PHILLIP ISLAND - Juara bertahan dua musim belakangan, Jonathan ‘Jhonny’ Rea, meraih bekal bagus ketika seri pertama Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2017 bakal dimulai tiga hari lagi. Karena pembalap tim Kawasaki Racing itu mengungguli lawan-lawannya pada hari terakhir tes pramusim di Sirkuit Phillip Island, Australia, Selasa (21/2).

Ya, seri pertama Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2017 akan dimulai di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada Jumat (24/2) pagi waktu setempat, dengan agenda sesi latihan bebas I. Sebelum berlomba pada ajang yang sesungguhnya, para pembalap masih diberi kesempatan buat memanaskan mesin dan beradaptasi dengan cuaca di sana. Itu karena tes pramusim pamungkas kali ini, juga digeber di Sirkuit Phillip Island.

Setelah pembalap tim privatir Barni Racing-Ducati, Javier ‘Xavi’ Fores, mengejutkan dengan menjadi yang tercepat pada hari pertama tes, Senin (20/2). Juara bertahan dua musim teraktual, Jhonny Rea yang menggeber ZX-10RR, tak memberi lawan-lawannya kesempatan pada hari kedua tes, Selasa (21/2).

Usai terganggu guyuran hujan pada hari pertama, yang menyebabkan pengujian setelan motor jadi tak maksimal. Seperti dilaporkan situs resmi WSBK, pada hari kedua tes, seluruh pembalap kebagian teriknya sinar matahari hingga lebih dari empat jam.

Rea yang pada hari pertama tes harus puas berada di belakang Xavi Fores. Pada hari kedua pengujian ganti memuncaki daftar catatan waktu tercepat untuk satu putaran Phillip Island. Pembalap Irlandia Utara itu menorehkan 1 menit 30,545. Pria yang pada 2 Februari lalu merayakan ulang tahunnya di tes Jerez tersebut, kali ini mengasapi jagoan baru tim Aruba.it-Ducati, Marco Melandri yang hanya minus 0,258 detik dibelakangnya.

Sementara itu rekan setim Rea, Tom Sykes, yang sempat mencium aspal pada tikungan 4. Masih sanggup melahap 38 lap dan mengakhiri hari kedua tes di posisi keempat tercepat. Dia tertinggal 0,151 dari rekan setim Melandri, Chaz Davies, yang berada di urutan ketiga terbaik.

Dari tim Pata Yamaha Official WorldSBK, Alex Lowes bekerja keras dalam simulasi lomba di atas motor YZF-R1 dan finis di urutan delapan tercepat. Sedangkan rekan setimnya, Michael van der Mark, yang sempat terjatuh pada akhir sesi pagi, mulai membaik di sesi siang, walau pada akhirnya dia gagal menembus urutan 10 besar.

Kemudian Leon Camier (MV Agusta Reparto Corse) melanjutkan konsistensinya sejak hari pertama pengujian Phillip Island dengan masuk di posisi 10 besar tercepat. Pun dengan Lorenzo Savadori (Milwaukee Aprilia) yang mampu bertahan di sana.

Namun kesulitan kembali menaungi tim Red Bull Honda World Superbike. Tampaknya mereka masih terus mempelajari mesin baru dari CBR1000RR Fireblade SP2. Nicky Hayden terlempar di luar 10 besar, terpaut hampir 1,5 detik dari Rea. Lebih buruk lagi terjadi pada rekan setim Hayden, Stefan Bradl.

Berikut hasil catatan waktu terbaik kombinasi dua hari tes pramusim III Superbike (WSBK) 2017 di Sirkuit Phillip Island, Australia, Senin-Selasa (20-21 Februari).
Hasil catatan waktu tercepat kombinasi dua hari tes pramusim III Superbike (WSBK) 2017 di Sirkuit Phillip Island Australia. (Foto-WSBK)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8123 seconds (0.1#10.140)